11 Alasan Masuk OSIS yang Jarang Diketahui Para Siswa

Melani

alasan masuk osis yang jarang diketahui

AWRECEH – Menjadi seorang pengurus OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah ini adalah cita-cita bagi kebanyakan para murid, terutama yang aktif di sekolah. Menjadi suatu kehormatan juga menjadi salah satu alasan masuk OSIS yang jarang diketahui banyak siswa.

Sebenarnya tidak hanya 11, bisa jadi bahkan 22 alasan masuk osis karena saking banyaknya. Selain mendapatkan pengetahuan berorganisasi yang menyenangkan secara nyata, juga akan mengasah pengalaman siswa yang tergabung di dalamnya.

Kemudian menjadi seorang anggota OSIS juga akan melatih keterampilan berorganisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Ke depan, apa yang kamu peroleh di sini juga bisa dimasukkan sebagai keahlian dalam CV.

11 Alasan Masuk OSIS yang Jarang Diketahui

Terdapat banyak sekali alasan yang dapat dipertimbangkan oleh siswa untuk menjadi anggota OSIS agar mendapatkan manfaat secara maksimal. Motivasi atau manfaat yang mendasari seseorang menjadi anggota OSIS berbeda pada setiap orang.

Hampir setiap pelajar memiliki visi dan misi sendiri ketika bergabung dengan kegiatan OSIS. Kita tahu, semakin banyak seseorang terlibat dalam organisasi, makin banyak pula hal yang mereka dapatkan.

Beberapa alasan masuk OSIS yang jarang diketahui ini dapat dijadikan pertimbangan terbaik bagi Anda.

Melatih Keterampilan

Menjadi pengurus OSIS tentunya akan melatih keterampilan para siswa karna seringkali mengadakan beragam kegiatan atau event. Sehingga para anggota dapat melatih keterampilan baik fisik maupun non fisik yang akan sangat bermanfaat di kehidupan masa dewasa nanti.

Setiap keterampilan dan pengalaman yang kamu peroleh patut untuk dicantumkan dalam CV terutama di LinkedIn. Untuk itu, kamu juga perlu paham cara menambah experience di linkedin.

Melatih Tanggung Jawab, Mental dan Disiplin

Pada umumnya para anggota OSIS dituntut memiliki kedisiplinan yang begitu tinggi untuk melakukan beberapa kegiatan. Di antaranya adalah saat melakukan rapat harian, pertemuan bulanan maupun rencana tahunan yang harus sudah tersusun rapi.

Dengan demikian siswa yang menjadi pengurus OSIS akan terbiasa akan sebuah tanggung jawab yang memang sudah diembannya. Hal ini akan sangat baik saat menjadi bekal non akademik ketika sudah lulus sekolah nanti.

Mengisi Waktu dengan Hal yang Bermanfaat

Biasanya setelah bergabung dengan OSIS maka Anda akan otomatis mempunyai kesibukan yang sangat padat. Kegiatan yang biasanya di luar jam dan waktu belajar di sekolah ini akan memberikan manfaat dan produktivitas yang positif dibandingkan keluyuran tidak jelas.

Hal ini juga akan membuka pola pikir dan menambah wawasan menjadi lebih dewasa dalam bersikap. Selain itu Anda juga akan lebih menghargai waktu yang tersisa setelah jam pelajaran sekolah yang biasanya terasa panjang dan membosankan.

Bermanfaat untuk Mengisi CV

Alasan selanjutnya menjadi pengurus OSIS adalah dapat bermanfaat untuk mengisi CV atau curriculum vitae saat hendak melamar kerja. Selain pengalaman kerja secara part time atau magang, Anda dapat menambahkan pengalaman menjadi pengurus OSIS semasa masih sekolah.

Mendapatkan Relasi

Pada umumnya kegiatan yang dilakukan oleh OSIS bukan hanya sebatas area sekolah saja, melainkan juga pergi ke suatu tempat untuk bertemu dengan banyak pihak. Bisa dalam bentuk kerjasama dengan sekolah lain atau study banding sehingga relasi menjadi luas.

Membentuk Karakter Positif

Alasan lain yang jarang diketahui ini adalah membentuk karakter positif karena pada umumnya anak yang menjadi pengurus OSIS akan terbiasa menghargai waktu. Selain itu juga akan memiliki sikap hormat kepada guru atau orang yang lebih tua karena telah terlatih menghargai pembimbingnya.

Melatih Keberanian Diri

Alasan masuk OSIS yang jarang diketahui selanjutnya adalah sebagai ajang untuk melatih keberanian diri para siswa. Sehingga tidak terlalu canggung saat berbicara di depan umum atau berorganisasi lainnya diluar sekolah. Oleh karena itu, kamu juga harus mampu menjelaskan motivasi menjadi pengurus OSIS.

Melatih Kerjasama

Salah satu bekal yang diperlukan saat tumbuh dewasa dan berbaur dengan lingkungan secara nyata adalah mampu bekerja sama dengan orang lain. Sehingga dengan bergabung menjadi pengurus OSIS akan melatih Anda untuk bekerja sama dengan baik.

Menyalurkan Ide     

Sekolah merupakan tempat belajar sekaligus menyalurkan ide para siswa dengan baik, OSIS menjadi salah satu wadah terbaik di sekolah. Karena sekolah seringkali mengadakan berbagai kegiatan untuk memperingati berbagai hari besar.

Sehingga sebagai anggota OSIS maka dapat menyalurkan buah ide-ide segarnya untuk memeriahkan acara sampai selesai. Anda dapat memberikan ide sesuai dengan minat dan bidang yang dikuasai, misalnya dalam ide lomba ataupun acara yang meriah.

Menambah Pengalaman

Menambah pengalaman juga menjadi salah satu alasan masuk OSIS yang jarang diketahui para siswa. Pengalaman saat menjadi pengurus OSIS akan menjadi bekal yang berharga bagi kehidupan yang akan datang dalam masyarakat. Ini penting kelak untuk ditulis dalam CV seorang fresh graduate.

Menambah Teman

Menambah teman juga menjadi salah satu hal penting yang menjadi motivasi atau alasan seseorang saat ingin menjadi pengurus OSIS. Pada umumnya OSIS juga akan bekerja sama dengan sekolah lain sehingga lingkup pertemanan secara otomatis akan meluas.

Demikianlah beberapa alasan masuk OSIS yang jarang diketahui dan memiliki manfaat yang besar untuk bekal kehidupan di masa datang. Tetap percaya diri ketika menjawab pertanyaan wawancara OSIS yang seringkali menjebak.

Also Read

Tags

Leave a Comment