Pertanyaan Wawancara OSIS yang Menjebak Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Jika Salah Menjawab!

Melani

pertanyaan wawancara OSIS yang menjebak

AWRECEH – Menjadi pengurus OSIS merupakan salah satu impian banyak anak sekolah terutama tingkat SMP dan SMA karena merupakan pengalaman berorganisasi awal. Namun sayang terkadang banyak yang gagal menjadi pengurus OSIS karena gagal menjawab pertanyaan wawancara OSIS yang menjebak.

Hal ini bukan tanpa disengaja, untuk menyeleksi pengurus OSIS terkadang tim penyeleksi akan menyiapkan soal wawancara yang menjebak. Sehingga ketika saat menjawab pertanyaan tersebut terjadi salah jawab akan menyebabkan kegagalan.

8 Contoh Pertanyaan Wawancara OSIS yang Menjebak

Agar impian Anda menjadi pengurus OSIS tidak gagal maka dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu. Sehingga ketika mendapatkan pertanyaan wawancara OSIS yang menjebak dapat menjawabnya dengan tepat dan impian Anda menjadi pengurus OSIS dapat terwujud.

Beberapa pertanyaan tersebut contohnya adalah sebagai berikut:

1. Apa yang Diketahui Tentang OSIS?

Pertanyaan menjebak yang kerap ditanyakan saat wawancara adalah sebanyak apa pengetahuan yang dimiliki tentang OSIS ini. Oleh karena itu sebelum melakukan tes wawancara, sebaiknya melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu mengenai OSIS.

Pelajari dengan baik mengenai penjelasan umum, program kerja, sampai tugas OSIS yang harus dilakukan di sekolah. Anda dapat menyiapkan jawaban yang bernas dan berisi semua hal tersebut sebelum datang untuk wawancara sehingga memikat pewawancara.

Biasanya pertanyaan seleksi OSIS ini cukup menjebak sehingga ketika tidak mampu menjawab maka bisa saja Anda tidak lolos. Anda dapat mencoba menjawabnya dengan jawaban seperti berikut ini atau dengan gaya yang sesuai dengan kepribadian.

OSIS merupakan sebuah organisasi yang menjadi wadah kreativitas siswa yang bertujuan untuk memfasilitasi siswa menjadi lebih potensial dan positif. Serta mendukung penuh program sekolah demi kemajuan pembelajaran baik yang berupa prestasi akademik dan non akademik.

2. Motivasi Masuk OSIS

Pertanyaan ini mungkin tidak hanya ditanyakan pada OSIS saja namun juga umum ditanyakan dalam wawancara. Anda dapat menyiapkan motivasi masuk OSIS dengan lugas dan konkret sehingga pewawancara dapat melihat dengan jelas semangat dan tekad yang dimilikinya.

Jangan memberikan jawaban yang mengambang dan tidak jelas fokusnya karena pewawancara akan kesulitan menangkap niat Anda. Sehingga mereka dapat mengesampingkan Anda karena tidak memahami jawaban tersebut.

3. Kelebihan dan Kekurangan Diri

Kemudian yang tidak kalah penting diperhatikan adalah memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Karena biasanya dalam wawancara OSIS juga akan ada pertanyaan perihal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Anda harus dapat menjawab semua kelebihan yang dimiliki dan mungkin akan bermanfaat dalam organisasi ini jika terpilih. Sertakan juga kelemahan yang dimiliki sehingga pewawancara dapat melihat sebaik apa Anda mengenali diri sendiri dengan baik.

4. Posisi yang Diinginkan Jika Terpilih Menjadi Pengurus OSIS?

Ketika pewawancara menanyakan posisi yang Anda inginkan ketika benar-benar terpilih menjadi anggota OSIS, maka Anda tinggal menjawab sesuai keinginan. Ketika Anda menjawab ingin menjadi Ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris atau yang lain sertakan alasannya. Pasalnya, ada banyak alasan masuk OSIS yang jarang diketahui.

5. Apa yang Akan dilakukan ketika Menjadi Anggota OSIS?

Pernyataan yang kerap ditanyakan dan tidak dapat dihindari saat wawancara OSIS biasanya adalah apa yang akan dilakukan jika menjadi OSIS. Untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik sebaiknya Anda menjadikannya sebagai ajang mempromosikan diri.

Tawarkan banyak kelebihan yang akan diberikan saat menjadi anggota OSIS agar kesempatan untuk terpilih semakin besar. Anda dapat menjabarkan banyak program kerja dan perubahan yang akan dibawa dalam OSIS ketika terpilih.

6. Apa Kekurangan OSIS Saat Ini?

Kemudian pertanyaan menjebak selanjutnya yang sering menentukan adalah mengenai kekurangan yang ada pada OSIS saat ini. Itulah pentingnya melakukan riset terlebih dahulu agar dapat menjawab pertanyaan ini dengan obyektif.

Anda dapat mempelajari hal-hal penting mengenai kekurangan OSIS sekarang ini dan memberikan ide cemerlang yang akan membawa kemajuan bagi OSIS tersebut. Tunjukkan semua ide brilian yang Anda temukan untuk menutupi kekurangan tersebut dengan efektif.

7. Apakah Siap Mengorbankan Waktu Luang Selepas Belajar?

Pertanyaaan menjebak mengenai prioritas ini tentu saja adalah pertanyaan yang harus dijawab dengan jelas dan siap. Anda dapat memberikan pernyataan mengenai kesediaan mengorbankan banyak hal jika masuk menjadi anggota OSIS.

Anda juga dapat mengatakan bahwa semua hal adalah prioritas sehingga siap untuk memberikan yang terbaik untuk organisasi dan sekolah. Baik waktu libur ataupun sepulang sekolah untuk mengerjakan beberapa pekerjaan dan kegiatan OSIS.

8. Siapa Panutan yang Dijadikan Idola Saat Ini?

Pertanyaan selanjutnya dalam tes wawancara OSIS adalah mengenai ada tidaknya sosok yang dijadikan panutan, Alasan dibalik pertanyaan sosok panutan ini dapat menjadi penilaian kepribadian setelah Anda masuk ke pengurus OSIS.

Anda dapat menyebutkan salah satu tokoh yang Anda kagumi dan dijadikan panutan dalam kehidupan. Jelaskan dengan detail mengenai poin positif yang Anda sukai dari sosok panutan tersebut yang relevan dengan kehidupan berorganisasi Anda.

Demikianlah beberapa contoh pertanyaan wawancara OSIS yang menjebak dan sering diajukan saat mencalonkan diri menjadi anggota OSIS. Dengan membaca uraian diatas maka Anda akan mempunyai bekal dan panduan dalam menjawabnya dengan tepat.

Also Read

[addtoany]

Tags

Leave a Comment