Cara Melihat Chat WA yang Sudah Dihapus Lama

Faizal Add

cara melihat chat wa yang sudah dihapus lama

Awreceh.id – WhatsApp (WA) adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan jutaan pengguna aktif, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. Namun, terkadang kita perlu mengakses pesan lama yang sudah dihapus oleh pengirim atau mungkin pesan yang sudah lama kita arsipkan. Untuk itu kamu perlu tahu cara melihat chat WA yang sudah dihapus lama dan mengeksplorasi beberapa metode yang mungkin membantu Anda mengakses pesan tersebut.

Mengapa Anda Perlu Tahu Cara Melihat Chat WA yang Sudah Dihapus Lama?

cara melihat chat wa yang sudah dihapus lama

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin mengakses pesan WhatsApp yang sudah dihapus:

  1. Pesan Penting yang Tidak Disadari: Terkadang kita menerima pesan penting, seperti alamat atau nomor telepon, namun pesan tersebut sengaja atau tidak sengaja dihapus oleh pengirim.
  1. Kenangan Penting: WhatsApp sering digunakan untuk berbagi kenangan, seperti foto dan pesan teks. Anda mungkin ingin mengakses kembali pesan lama yang memiliki nilai sentimental. Seperti kenangan history chatingan bersama seseorang yang pernah Anda anggap spesial di masa lalu. 
  1. Bisnis dan Data Penting: Jika Anda menggunakan WhatsApp untuk keperluan bisnis, Anda mungkin perlu mengakses pesan lama yang berisi informasi penting tentang riwayat kegiatan transaksi bisnis Anda.

Cara Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Lama:

1. Minta Pengirim Mengirim Ulang Pesan: Metode termudah adalah dengan menghubungi pengirim pesan dan memintanya mengirim ulang pesan yang sudah dihapus. Namun, ini hanya berfungsi jika pengirim masih memiliki pesan tersebut.

2. Penggunaan Cadangan: WhatsApp secara otomatis membuat cadangan pesan ke penyimpanan perangkat Anda. Anda dapat memeriksa apakah pesan yang hilang ada di salah satu cadangan tersebut. Berikut cara melakukannya:

  • Buka WhatsApp.
  • Ketuk “Pengaturan” (biasanya ikon tiga titik di pojok kanan atas).
  • Pilih “Chat” dan kemudian “Cadangan Chat.”
  • Anda akan melihat daftar tanggal cadangan yang tersedia. Pilih cadangan yang sesuai dengan tanggal pesan yang ingin Anda pulihkan.
  • Setelah selesai, instal ulang WhatsApp.
  • Ketika Anda membuka aplikasi setelah instal ulang, Anda akan diberi opsi untuk mengembalikan pesan dari cadangan. Ikuti instruksi yang muncul.

3. Penggunakan Aplikasi Pihak Ketiga: Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk mengakses pesan WhatsApp yang sudah dihapus, seperti WhatsRemoved+ atau Notisave. Ini adalah aplikasi pelacak pesan yang menyimpan catatan pesan yang masuk dan keluar dari WhatsApp Anda. Namun, penggunaan aplikasi pihak ketiga ini harus dilakukan dengan hati-hati dan memerlukan izin yang ekstensif.

4. Penyimpanan Eksternal: Terkadang, pesan WhatsApp yang sudah dihapus dapat ditemukan di penyimpanan eksternal ponsel Anda. Anda perlu menjelajahi folder penyimpanan eksternal di ponsel Anda dan mencari file database WhatsApp. Namun, metode ini memerlukan pengetahuan teknis yang cukup.

Keuntungan dan Keterbatasan:

Keuntungan:

  • Mengakses Pesan yang Penting: Anda dapat mengakses pesan yang mungkin terhapus oleh pengirim dan mengembalikan pesan yang penting.
  • Memulihkan Kenangan: Anda dapat mengakses kembali kenangan dan pesan sentimental yang mungkin telah hilang.
  • Keperluan Bisnis: Jika Anda menggunakan WhatsApp untuk bisnis, Anda dapat mengakses data penting.

Keterbatasan:

  • Keterbatasan Cadangan: Cadangan WhatsApp hanya tersedia untuk jangka waktu tertentu dan mungkin tidak selalu berisi pesan yang telah dihapus.
  • Risiko Privasi: Penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses pesan WhatsApp memerlukan izin yang ekstensif dan dapat menimbulkan risiko privasi. Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi tersebut.
  • Kompleksitas: Beberapa metode, seperti mencari pesan di penyimpanan eksternal, memerlukan pengetahuan teknis yang cukup.

Jadi, jika Anda pernah menghapus pesan WhatsApp yang sekarang Anda perlukan, jangan panik. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengakses kembali pesan tersebut, tergantung pada situasi Anda. Ingatlah untuk selalu memeriksa cadangan Anda secara berkala dan berhati-hatilah jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Semoga Anda berhasil dalam usaha Anda untuk melihat kembali chat WhatsApp yang sudah dihapus lama.

Also Read

Tags

Leave a Comment