6 Jawaban Saat Ditanya ‘Apa yang Kamu Lakukan Jika Menjadi Seorang Pemimpin?’

Melani

Apa yang Kamu Lakukan Jika Menjadi Seorang Pemimpin

Mungkin kamu akan mempunyai banyak jawaban ketika ditanya ‘apa yang kamu lakukan jika menjadi seorang pemimpin?’. Namun menjadi seorang pemimpin tidak sesederhana yang kita bayangkan atau sering kita lihat dalam drama dan film-film.

Pemimpin harus dapat membawa tim yang dikepalainya untuk sampai kepada kesuksesan bersama. Sehingga harus dapat terus belajar secara terus menerus agar dapat melaksanakan tanggung jawab yang diembannya dengan baik.

Jawaban Saat Ditanya ‘Apa yang kamu lakukan jika menjadi seorang pemimpin?’

Meskipun menjadi seorang pemimpin bisa dikatakan tidak mudah, namun bukan berarti sangat sulit sampai tidak tergambarkan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dijadikan referensi saat kamu ditanya ‘apa yang kamu lakukan jika menjadi seorang pemimpin?’.

Bersikap baik namun tidak lemah

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin
unsplash/campaigncreators

Salah satu sikap baik yang harus dimiliki seorang pemimpin di tempat kerja adalah dapat berperilaku positif. Pemimpin yang baik akan dapat mengarahkan bawahannya dengan baik tanpa menggunakan sikap yang kasar atau meremehkan.

Perlu diketahui bahwa bersikap baik kepada bawahan bukan berarti menjadi pribadi yang lemah, namun tetap profesional. Contohnya adalah saat membuat sebuah keputusan dalam membagi pekerjaan atau mengatasi sebuah masalah.

Dalam melaksanakan tugas kepemimpinan tersebut sebaiknya kamu tidak perlu terlalu kaku dan tegang. Sehingga mempengaruhi hubungan baik dengan karyawan menjadi tidak nyaman dan komunikasi antara bawahan dan atasan menjadi tersendat.

Bersikap tegas

Menjadi pemimpin yang baik juga harus dapat menyampaikan perintahnya dengan tegas dan jelas agar bawahan dapat memahami dengan baik. Sehingga akan melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing sesuai dengan porsinya.

Bersikap tegas merupakan salah satu sikap yang penting untuk dimiliki seorang pemimpin, namun kamu harus dapat membedakan bahwa tegas bukan berarti kasar. Pemimpin yang baik akan membuat bawahannya melaksanakan pekerjaannya tanpa disuruh sesuai tenggat.

Hal ini sangat penting karena pekerjaan yang dikerjakan dengan tulus dan kesadaran penuh hasilnya akan lebih baik dan memuaskan. Dibandingkan dengan tugas yang dilakukan dibawah tekanan atau keterpaksaan dari para bawahan tersebut.

Bertanggung jawab pada tim dan pekerjaan

unsplash/krakenimages

Kesalahan dalam melakukan sebuah tugas atau misi bisa terjadi kapan saja tanpa dapat diduga sebelumnya. Meskipun seluruh tim sudah melakukan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan cukup berhati-hati.

Pada saat seperti ini maka pemimpin yang baik akan memikul tanggung jawabnya di depan para pemimpinnya.  Meskipun bawahan yang bertanggung jawab harus memperbaiki kesalahan yang sudah dibuatnya, namun di depan pemimpin yang lebih tinggi pemimpinlah yang memikulnya. 

Percaya diri saat melakukan tugas

Menjadi seorang pemimpin juga akan lebih banyak membuat keputusan dalam pekerjaan dibandingkan dengan bawahannya. Itulah sebabnya harus mempunyai rasa percaya diri yang tinggi saat hendak membuat keputusan, sedang meeting dengan tim lain atau ketika mengerjakan proyek baru.

Apabila bawahan melihat pimpinannya percaya diri maka secara otomatis juga akan lebih percaya pada pimpinan dan hal yang sedang dikerjakan. Itulah sebabnya salah satu jawaban tepat saat ada yang bertanya apa yang akan kamu lakukan jika menjadi seorang pemimpin adalah percaya diri.

Pemimpin yang baik biasanya juga akan memastikan hasil pekerjaan timnya dapat berhasil dengan baik atau tidak. Sehingga hasilnya tidak hanya akan menguntungkan diri sendiri saja, melainkan juga menguntungkan bagi seluruh tim yang dipimpinnya.

Memposisikan diri sebagai panutan

unsplash/razvanchisu

Seorang pemimpin yang baik pastinya akan memiliki pengaruh yang besar terhadap bawahannya dengan menjadi panutan yang baik bagi karyawannya. Salah satunya melalui perilaku sehari-harinya seperti mulai rapat tepat waktu, memaksimalkan jam kerja tanpa lembur dan mulai rapat tepat waktu.

Hal-hal kecil tersebut jika dilakukan dengan baik maka dampaknya akan sangat besar terhadap kepatuhan bawahan. Misalnya memarahi bawahan karena terlambat namun pemimpinnya tidak pernah datang tepat waktu akan membuat bawahan meremehkannya karena kurang konsisten.

Mendukung karyawan agar lebih kreatif

Menjadi seorang pemimpin yang baik juga harus memberikan motivasi kepada para karyawannya agar dapat termotivasi. Sehingga dapat bekerja dengan penuh semangat saat menyelesaikan tugas dan melahirkan ide yang brilian.

Pemimpin yang memberikan motivasi kepada karyawannya agar lebih kreatif dan berkembang adalah impian banyak karyawan. kamu dapat memberikan masukan, ide-ide, serta berbagi pengalaman agar karyawan merasa dimengerti dan tidak bekerja sendiri.

Dengan demikian bawahan tetap dapat kreatif dalam melakukan pekerjaannya dengan optimal. Bawahan seperti ini biasanya juga tangguh dalam menghadapi tantangan yang muncul dalam pekerjaannya karena yakin dapat mengandalkan pemimpinnya.

Masih banyak lagi jawaban terbaik yang dapat diberikan atas apa yang kamu lakukan jika menjadi seorang pemimpin. Namun beberapa referensi di atas dapat menjadi inspirasi terbaik agar jawaban yang diberikan dapat lebih berkesan.

Also Read

Tags

Leave a Comment