5 Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar dengan Sopan

Septa Ida

Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar

AWRECEH.ID| Masih banyak nih karyawan atau pegawai yang bingung bagaimana cara menanyakan gaji yang belum dibayar. Bukan hanya bingung, bahkan banyak juga karyawan yang tidak berani dan segan menanyakan hak yang jelas-jelas milik mereka.

Gaji yang belum dibayar atau terlambat dibayar bisa membuat karyawan kurang semangat bekerja bahkan frustasi. Apalagi jika gaji yang belum dibayar lebih dari satu bulan. Pastinya, kondisi ini tidak diinginkan oleh semua karyawan.

Nah, perlu kamu tahu nih bahwa gaji merupakan hak bagi setiap karyawan yang telah bekerja selama waktu tertentu. Bagi perusahaan, pembayaran gaji ke karyawan adalah kewajiban yang harus ditunaikan.

Cara Menanyakan Gaji yang Belum Dibayar dengan Sopan

Ada lima cara menanyakan gaji yang belum dibayar dengan sopan yang perlu diketahui oleh semua karyawan. Berikut penjelasan selengkapnya, simak!

1. Tanyakan Dulu ke Rekan Kerja

Kamu perlu menanyakan soal gaji belum dibayar ini ke rekan-rekan kerja terlebih dahulu. Alasannya, beberapa rekan kerja atau mungkin semuanya mengalami nasib yang sama.

Kemudian, cobalah untuk mendiskusikan gaji yang belum dibayar bersama dengan rekan kerja senasib. Cari solusi bersama-sama untuk mengatasi masalah tersebut dengan baik-baik.

Oh ya, kamu dan rekan-rekan kerja juga bisa membicarakan langkah-langkah pencegahan agar masalah soal gaji belum dibayar ini tidak terulang lagi. Semoga kamu dan rekan kerja mendapatkan solusi dan langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini.

2. Siapkan Alasan yang Meyakinkan

Langkah berikutnya kamu perlu menyiapkan alasan yang meyakinkan. Alasan yang dimaksud yakni mengapa kamu sangat membutuhkan uang gajian. Dengan menjelaskan alasan ini, diharapkan pihak perusahaan segera membayarkan gaji yang terlambat atau yang belum dibayarkan.

Ada beberapa alasan masuk akal yang bisa kamu sampaikan ke pihak perusahaan, misalnya kamu perlu membayar cicilan rumah yang akan segera jatuh tempo dan jika telat maka akan dikenakan denda. Alasan terkait tagihan listrik dan air yang akan jatuh tempo juga bisa kamu sampaikan ke pihak perusahaan. Membayar cicilan kendaraan pun bisa jadi alasan yang masuk akal.

Sebaiknya sampaikan alasan dengan jujur ya. Tidak perlu takut kamu menanyakan gaji yang belum dibayar dengan alasan tertentu. Sebab, menerima gaji merupakan hak bagi karyawan.

3. Kirim Email

Cara menanyakan gaji yang belum dibayar berikutnya yakni dengan mengirimkan email ke pihak perusahaan. Cara ini cukup efektif mengatasi persoalan gaji belum dibayar bagi karyawan yang segan menanyakan hal itu secara tatap muka atau bertemu langsung.

Saat membuat email, pastikan kamu telah memasukkan informasi-informasi penting, seperti jumlah gaji yang semestinya diterima, tanggal yang semestinya dapat uang gajian hingga metode pembayaran uang gajian. Jika perlu, kamu juga bisa menyertakan mutasi rekening bank sebagai bukti bahwa kamu memang belum menerima gaji.

Buatlah email dengan sopan, jelas dan profesional ya! Kamu juga bisa meminta informasi yang dibutuhkan agar mengetahui perkembangan terkait penyelesaian masalah gaji yang belum dibayar ini.

4. Sampaikan Langsung ke Atasan

Kamu sudah menerapkan cara-cara di atas tapi gaji masih saja belum dibayar? Jika demikian, kamu perlu berbicara langsung ke atasan atau HRD perusahaan. Sebaiknya pilih waktu dan tempat yang tepat ya saat ingin membicarakan permasalahan gaji ini dengan atasanmu!

Selalu kedepankan sopan dalam berbicara dan jangan sampai terlihat emosional di depan atasanmu. Sampaikan bahwa kamu belu menerima gaji yang mana hal itu memengaruhi kondisi keuanganmu.

Jika perlu, kamu juga bisa memperlihatkan bukti-bukti bahwa kamu memang belum menerima gaji. Misalnya, mutasi rekening bank. Kamu pun bisa menyampaikan beberapa solusi yang sama-sama menguntungkan jika memang masalah ini sering terjadi.

5. Laporkan ke Departemen Tenaga Kerja

Pilihan terakhir untuk menyelesaikan masalah gaji belum dibayar yakni dengan melaporkan ke departemen tenaga kerja. Sampaikan keluhanmu ke departemen tersebut agar permasalahan gaji yang kamu alami bisa segera terselesaikan.

Ada sejumlah hal yang perlu diketahui ketika hendak melaporkan permasalahan gaji ke departemen tenaga kerja. Pertama, kamu perlu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Kedua, kamu perlu tahu juga kalau melaporkan permasalahan gaji belum dibayar ke departemen tenaga kerja itu butuh waktu yang tidak sebentar. Perlu juga kamu menyiapkan semu bukti yang dibutuhkan terkait permasalahan gaji belum dibayar sebagaimana keluhanmu.

Di sisi lain, kamu juga perlu tahu nih kalau melaporkan persoalan gaji belum dibayar ke departemen tenaga kerja memiliki risiko. Risiko yang kamu terima bisa saja kantor akan mengucilkan atau bahkan memberhentikanmu. Tentunya hal ini tidak mengenakkan bagimu. Jadi, kamu perlu memikirkan plus minusnya apabila melaporkan masalahan ini ke departemen tenaga kerja.

Itulah lima cara menanyakan gaji yang belum dibayar dengan sopan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Also Read

Tags

Leave a Comment