4 Perbedaan Interview HRD dan User, Jobseeker Wajib Tahu!

Annisa Istiqomah

Perbedaan Interview HRD dan User

AWRECEH.ID| Tahukah kamu kalau terdapat perbedaan interview HRD dan User? Bagi para jobseeker atau pencari kerja tahapan interview HRD dan User bukanlah sebuah hal yang baru.

Namun, hal tersebut tentunya berbeda bagi para fresh graduate. Sebagian fresh graduate masih banyak yang belum mengetahui perbedaan interview HRD dan User, bahkan banyak yang menganggap bahwa keduanya adalah hal yang sama lho.

Daftar Perbedaan Interview HRD dan User

Interview sendiri adalah salah satu tahapan yang harus dilalui oleh para pencari kerja. Pada proses ini para recruiter akan mencari kandidat yang terbaik dan sesuai dengan visi misi perusahaan. Pada beberapa perusahaan akan dilakukan 2 kali proses interview yaitu interview HRD dan user.

Lalu apa yang membedakan dari keduanya? Yuk, ketahui dan simak perbedaan interview HRD dan User, agar kita dapat mempersiapkan karir lebih baik lagi.!

1. Tahapan

Perbedaan interview HRD dan User yang pertama terletak pada tahapannya. Interview HRD biasanya dilakukan di awal yaitu setelah proses screening cv dan berkas pendukung lainnya.

Sedangkan interview user, dilakukan setelah kamu lolos pada interview HRD dan tes lainnya. Pada tahap interview user hilal akan offeringmu akan semakin jelas nih sobat, so persiapkan dirimu dengan matang untuk interview yaa.

2. Pewawancara

Perbedaan interview HRD dan User terletak pada pewawancara. Pada interview HRD biasanya kamu akan diinterview oleh tim human catipal atau HRD secara 1 on 1 dan pertanyaan yang diajukan hal-hal yang umum seperti kekurangan dan kelebihan, personality, kemampuan, pengalaman atau pengetahuan mengenai job yang kita lamar serta culture fit.

Sedangkan interview user biasanya dilakukan oleh user, user sendiri merujuk kepada seseorang yang memiliki jabatan tertinggi dalam sebuah departemen. Kemudian topik yang dibahas pada interview user biasanya seputar technical, skills, dan pengalaman

3. Perkenalan diri

Biasanya hal pertama yang akan diminta pewawancaramu ketika interview adalah memperkenalkan diri. Pada interview HRD biasanya kamu akan diminta untuk memperkenalkan dirimu, sedangkan ketika interview user kamu diminta untuk menceritakan tentang diri kamu.

Pada proses interview HRD lebih seputar softskill yang kamu miliki, namun ketika interview user lebih mengara kepada hardskill yang kamu miliki.

4. Pertanyaan yang diberikan

Perbedaan spesifik interview HRD dan user juga dapat dilihat dari pertanyaan yang mereka berikan. Pertanyaan yang diberikan interview HRD biasanya pertanyaan mendasar tentang diri kamu, sedangkan interview user berisi pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang kritis dan konkret.

Contoh pertanyaan yang biasa muncul di tahap interview bersama HRD:

  • Ceritakan tentang diri Anda.
  • Apa motivasi Anda untuk melamar pekerjaan ini?
  • Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?
  • Bagaimana Anda menilai kekuatan dan kelemahan Anda?
  • Ceritakan pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi ini.
  • Bagaimana Anda mengatasi konflik atau tantangan di tempat kerja sebelumnya?
  • Apa keterampilan yang Anda anggap paling penting untuk pekerjaan ini?
  • Bagaimana Anda bekerja dalam tim?
  • Apa strategi Anda dalam mengelola waktu dan prioritas?
  • Bagaimana Anda menghadapi tekanan atau tenggat waktu yang ketat?
  • Apa pencapaian terbesar yang pernah Anda raih di tempat kerja sebelumnya?
  • Bagaimana Anda meningkatkan diri dan keterampilan Anda terkait pekerjaan ini?
  • Bagaimana Anda menangani situasi di mana Anda tidak setuju dengan atasan atau rekan kerja?
  • Apakah Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran terkait pekerjaan ini?
  • Bagaimana Anda melihat diri Anda berkembang dalam peran ini dalam jangka waktu panjang?

Contoh pertanyaan yang biasa muncul saat interview kerja dengan User:

  • Bisa Anda ceritakan situasi di mana Anda menghadapi tantangan besar dan bagaimana Anda mengatasinya?
  • Apa yang menurut Anda menjadi tren atau perkembangan terbaru dalam industri ini?
  • Bagaimana Anda mengelola waktu dan prioritas dalam pekerjaan Anda?
  • Apakah Anda memiliki pengalaman dalam penggunaan alat atau teknologi khusus yang relevan dengan pekerjaan ini?
  • Bagaimana Anda berkomunikasi dengan stakeholders atau klien dalam proyek-proyek sebelumnya?
  • Apa yang membuat Anda unik dan berbeda dari kandidat lain yang melamar pekerjaan ini?
  • Apa harapan Anda untuk pengembangan karier di perusahaan kami?
  • Bagaimana Anda menghadapi tekanan atau tenggat waktu yang ketat?

So, tadi adalah beberapa perbedaan interview HRD dan user. Nah, berikut ini juga ada beberapa hal yang kamu harus persiapkan agar lolos interview HRD dan user.

Tips Lolos Interview HRD dan User

Bangun first impression yang baik

Memberikan first impression yang baik adalah hal yang sangat penting ketika proses interview. Beberapa hal yang kamu harus perhatikan yaitu seperti pakaian, gunakanlah pakaian yang rapi, wangi, dan formal. Kemudian perhatikan juga postur tubuhmu, tubuh tegak, berikan senyuman ramah dan menatap mata recruiter. Berikan sikap yang positif dan jaga attitude mu. 

Percaya diri

Pelajari posisi yang kamu lamar seperti apa saja jobdesknya, skill yang dibutuhkan, jenjang karir dari posisi yang kamu lamar, gaji dan lain sebagainya. Jelaskan dan jawab pertanyaan dengan jelas dan percaya diri.

Tunjukan juga bahwa kamu sangat senang dan berminat  dengan posisi yang kamu lamar ini. Jangan ragu mengajukan pertanyaan balik apabila kamu memiliki pertanyaan terkait tugas atau profil perusahaan.

Ketahui kompetensi yang dibutuhkan

Perhatikan kompetensi dan skill yang kamu miliki harus sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Semakin bagus kompetensi dan skill yang kamu miliki recruiter justru akan yang mencari atau bahkan mengejar kalian lho. Jangan hanya mempersiapkan diri untuk interview saja yaa sobat, tapi tingkatkan kompetensi dan skill yang kamu miliki agar dilirik HRD dan User. 

Tunjukan ketertarikan dan antusiasme kamu. Kamu bisa menunjukan ketertarikan kamu dengan aktif bertanya kepada recruiter, beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan seperti tantangan terbesar pada posiis yang dilamar? apa saja skill yang dibutuhkan untuk posisi ini?

Nah, tadi adalah perbedaan interview HRD dan user yang telah kamu rangkum untuk kamu. Semangat dan goodluck untuk interviewmu yaa sobat!

Also Read

Tags

Leave a Comment