4 Contoh Jawaban Alasan Kenapa Tertarik Melamar Pekerjaan di Sini

Septa Ida

Kenapa Tertarik Melamar Pekerjaan di Sini

AWRECEH.ID– ‘Kenapa tertarik melamar pekerjaan di sini?’ Mendapatkan pertanyaan tersebut saat wawancara kerja, kira-kira kamu bakal menyampaikan jawaban seperti apa?

Pertanyaan ‘kenapa tertarik melamar pekerjaan di sini’ memang acap kali ditanyakan oleh HRD atau rekruter dalam sesi wawancara kerja. Pertanyaan ini tampaknya sederhana, tapi kamu tidak boleh asal-asalan menjawabnya.

HRD menanyakan hal itu bukan tanpa alasan. HRD ingin mengetahui apakah kamu benar-benar tertarik bekerja di perusahaan terkait dan mengemban posisi yang kamu lamar. Nah, dengan mengetahui alasan HRD menanyakan ketertarikan melamar pekerjaan di perusahaannya, kamu sekarang bisa merangkai jawaban yang pas.

Contoh Jawaban Alasan Kenapa Tertarik Melamar Pekerjaan di Sini

Di bawah ini kami berikan beberapa contoh jawaban alasan kenapa tertarik melamar pekerjaan di sini. Kamu bisa memilih salah satu jawaban yang menurutmu paling pas. Ini dia daftar jawabannya:

1. Hubungkan dengan Keunggulan Perusahaan

Menjawab pertanyaan ‘kenapa tertarik melamar pekerjaan di sini’, kamu bisa menghubungkannya dengan keunggulan perusahaan terkait. Keunggulan yang dimaksud bisa berupa perkembangan perusahaan bahkan di masa krisis, kualitas produk/layanan yang bagus dan lain sebagainya. Seperti ini contoh jawaban yang bisa kamu sampaikan:

“Saya tertarik melamar pekerjaan di sini karena saya melihat perusahaan ini memiliki citra yang sangat baik di berbagai kalangan. Di sisi lain, perusahaan ini juga memiliki perkembangan yang apik, bahkan tetap mampu berkembang di tengah terpaan pandemi waktu itu. Saya juga terkesan dengan produk/layanan dari perusahaan ini yang inovatif dan solutif bagi pengguna/klien. Inilah alasan mengapa saya ingin berkarier di perusahaan Bapak/Ibu.”

2. Sampaikan Kalau Kamu Pengin Berkembang Bersama Perusahaan

Selain jawaban di atas, kamu juga bisa membeberkan jawaban lain untuk mengutarakan alasan kenapa tertarik melamar pekerjaan di sini. Kamu bisa menyampaikan kalau kamu ingin sekali berkembang bersama perusahaan dan senantiasa mendukung perkembangan perusahaan.

Dengan menyuguhkan jawaban seperti ini, perusahaan akan menilaimu bahwa kamu termasuk calon karyawan yang mau terus belajar dan mengembangkan skill dalam bekerja. Kira-kira seperti ini jawaban yang bisa kamu sampaikan:

“Saya mengetahui dari beberapa teman saya yang bekerja di sini bahwa perusahaan ini memiliki budaya kerja yang sangat apik. Sehingga, saya meyakini di tempat ini saya bisa mengembangkan karier dengan baik. Di sisi lain, perusahaan yang dipimpin Bapak/Ibu saya ketahui menyediakan training dan pengembangan karyawan. Sarana ini bisa jadi hal yang baik bagi saya dan seluruh karyawan agar senantiasa berkembang dalam berkarier. Besar harapan saya agar bisa menyuguhkan kontribusi yang baik bagi perkembangan perusahaan Bapak/Ibu.”

3. Hubungkan dengan Visi dan Misi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki visi dan misi yang baik. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan memiliki visi membuat produk kecantikan yang kualitasnya terjamin dan aman. Nah, saat wawancara kerja, kamu bisa menjawab pertanyaan ‘kenapa tertarik melamar pekerjaan di sini’ dengan jawaban yang berkaitan dengan visi dan misi perusahaan. Begini kira-kira jawaban yang bisa kamu sampaikan:

“Saya telah membaca visi dan misi perusahaan Bapak/Ibu ini di website resmi milik perusahaan. Bahwa salah satu visi yang tertulis adalah membuat produk kecantikan yang kualitasnya terjamin dan aman. Saya sendiri merupakan lulusan Sarjana Teknik Kimia dan telah memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun di bidang kosmetik. Dengan background pendidikan serta pengalaman kerja yang saya miliki, saya bisa membantu perusahaan Bapak/Ibu dalam membuat dan mengembangkan produk kecantikan yang kualitasnya terjamin dan aman. Inilah alasan mengapa saya tertarik melamar pekerjaan di sini.”

4. Sampaikan Kalau Kamu Punya Impian Bekerja di Perusahaan Terkait

Kamu mungkin memiliki impian bekerja di perusahaan di mana kamu mengajukan lamaran. Ini bisa menjadi sisi positif bagimu karena akan dipertimbangkan oleh perusahaan agar mudah diterima di perusahaan terkait. Jadi, kamu boleh banget nih menyampaikan alasan berikut saat ditanya ‘kenapa tertarik melamar pekerjaan di sini’ oleh HRD saat wawancara kerja. Kira-kira begini jawaban yang bisa kamu sampaikan:

“Sudah lama saya bermimpi ingin bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Bahkan, sudah lama saya menggunakan produk-produk keluaran perusahaan ini karena memang kualitasnya sangat bagus dan memberikan manfaat yang jitu bagi saya. Di sisi lain, saya juga mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, termasuk posisi yang saya lamar ini. Dari sini, saya tertarik melamar pekerjaan di sini dan besar harapan saya agar bisa berkontribusi secara nyata untuk perkembangan perusahaan ini.”

Itulah beberapa contoh jawaban alasan kenapa tertarik melamar pekerjaan di sini. Pada intinya, wawancara kerja adalah kesempatan yang betul-betul harus digunakan dengan baik oleh pelamar kerja. Kamu sebagai pelamar harus bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu calon karyawan terbaik dari pelamar-pelamar lainnya. Salah satu caranya yakni dengan menyampaikan jawaban sebagaimana kami informasikan di atas.

Also Read

Tags

Leave a Comment