6 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Septa Ida

Mengapa Banyak Orang yang Mencari Pekerjaan di Jakarta

AWRECEH | Mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta? Salah satu alasannya, Jakarta hingga saat ini menjadi ‘ladang luas’ yang menyediakan banyak lowongan pekerjaan. Selain itu, ada sejumlah alasan lagi Jakarta menjadi incaran bagi banyak pencari kerja yang akan kami bahas di dalam artikel ini.

Jakarta memang terkenal sebagai daerah yang tidak pernah beristirahat dari aktivitas bisnis. Hal inilah yang menjadikan Jakarta memiliki banyak sekali peluang kerja.

Tidak heran kalau sampai saat ini banyak orang dari berbagai daerah bahkan luar pulau merantau ke Jakarta untuk mengadu nasib. Harapannya, mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan kehidupannya juga lebih baik.

Alasan Mengapa Banyak Orang yang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Berikut ini kami informasikan sejumlah alasan mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta. Simak dengan saksama ya!

Lowongan Kerja Melimpah

Seperti yang Awreceh sebutkan di atas, Jakarta adalah daerah yang tidak pernah beristirahat dari aktivitas bisnis. Bahkan, Jakarta menjadi pusat bisnis dan industri di negeri ini. Tidak heran kalau di sana terdapat banyak perusahaan-perusahaan besar dari berbagai bidang.

Adanya banyak perusahaan besar ini memengaruhi tingkat lowongan kerja yang melimpah. Menariknya, lowongan kerja yang ada juga sangat bervariatif, mulai dari pekerjaan bangunan, pabrik hingga kantoran.

Bagi kamu yang berasal dari lulusan SMA, jangan khawatir, karena ada banyak lowongan yang tersedia di Jakarta. Apalagi bagi kamu yang berasal dari lulusan sarjana. Tapi, tentu saja tingkat kompetisi di sana sangat ketat.

UMR Tinggi

unsplash/muhammadrizki

Alasan mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta berikutnya yakni soal gaji. Ya, Jakarta memang selalu masuk lima besar sebagai daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia. Saat ini, tercatat UMR di sana mencapai Rp 4.901.798, tertinggi keempat di Indonesia setelah Kabupaten Karawang, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Soal gaji ini sering kali menjadi alasan utama seseorang dalam melamar pekerjaan. Tidak jarang masyarakat kita enggan melamar pekerjaan yang tawaran gajinya cukup rendah. Sebaliknya, mereka akan berlomba-lomba mengajukan lamaran pekerjaan yang dibuka di Jakarta.

Prestise

Jakarta itu dianggap prestise. Di sana terdapat gedung-gedung tinggi, perkembangan bisnisnya bagus dan tempat berkumpulnya orang-orang ternama. Ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta.

Banyak pekerja di Jakarta yang pulang kampung disambut oleh keluarga dan para tetangganya dengan ‘meriah’. Nah, kalau kamu mengadu nasib di Jakarta, apalagi tepatnya di pusat kota, saat pulang kampung jangan heran ya kalau kamu bakal disambut dengan lebih hangat oleh orang-orang terdekat.

Gampang Mendapatkan Hiburan

unsplash/rohimari

Pekerja juga butuh hiburan setelah seharian penuh atau seminggu bekerja. Nah, hangout menjadi salah satu pilihan aktivitas yang sering dipilih pekerja di Jakarta untuk me-refresh diri, terutama pada weekend.

Jakarta sendiri terkenal sebagai daerah yang mudah mendapatkan hiburan. Bahkan, kamu bisa menjumpai hiburan yang dimeriahkan oleh artis-artis terkenal di Indonesia.

Di sisi lain, kamu juga bisa nih menyambi sebagai content creator (jika berminat). Kamu bisa me-review berbagai kuliner yang ada di Jakarta kemudian dijadikan konten yang menarik untuk diunggah ke YouTube dan jenis media sosial lainnya. ‘Hiburan’ ini bisa lho menambah pundi-pundi rupiah.

Jadi, kalau kamu berniat bekerja di Jakarta, jangan khawatir lagi dengan hiburan. Sebab, di kota metropolitan ini kamu akan menjumpai banyak sekali hiburan.

Networking Luas

Alasan mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta kelima yakni adanya networking yang luas. Ya, di Jakarta kamu bisa menjumpai orang-orang hebat, mulai dari pebisnis sukses, investor ternama, artis dan influencer yang sering muncul di TV dan YouTube.

Jakarta boleh dikatakan sebagai daerah pusat berkumpulnya orang-orang penting. Inilah yang menjadi salah satu daya pikat Jakarta bagi para perantau dan pekerja di sana. Jadi, kalau kamu bekerja di Jakarta bakal mendapatkan koneksi nih dengan orang-orang hebat.

Jika kamu bisa memanfaat koneksi yang luas ini, kamu bisa lho mendapatkan kesempatan untuk hal-hal yang lebih hebat di luar pekerjaan kantormu. Bahkan, kamu juga memiliki kesempatan bisa jadi orang terkenal.

Akses Transportasi Umum Mudah

unsplash/rangganugraha

Kamu mungkin sudah tahu kalau Jakarta memiliki banyak pilihan transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah. Mulai dari MRT, commuter line, TransJakarta hingga bajaj.

Adanya banyak pilihan transportasi umum ini, tentu saja, menguntungkan bagi pekerja yang belum/tidak mempunyai kendaraan pribadi. Apalagi transportasi umum yang tersedia di sana sangat terjangkau alias tidak mahal. Ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta.

Itulah sejumlah alasan mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu ingin mengadu nasib di Jakarta?

Also Read

Tags

Leave a Comment